Lifestyle

Pengertian, Dampak, dan Cara Mengatasinya Inflasi Secara Detail

Mengatasinya Inflasi Secara Detail

Inflasi saat ini menjadi topik yang paling banyak di bincangkan akhir-akhir ini. Terlebih pada saat negara Rusia dan Ukraina perang, Sri Lanka sendiri menyatakan bankrut dan Amerika dengan persentase kenaikan harga jasa dan barang yang juga ikut naik.

Dapat di bilang jika pada tahun 2022 ini menjadi tahun di mana ekonomi di seluruh dunia goyang. Apalagi semenjak adanya pandemi COVID-19 terjadi beberapa tahun kemarin. Bukan hanya negara kecil saja yang harus berjuang dalam mempertahankan ekonominya, tetapi juga negara-negara besar seperti halnya Eropa ikut goyah.

Intip Penjelasan Apa Inflasi, Dampak Dan Cara Mengatasinya

Pengertian Inflasi

Inflasi sendiri di sini dapat di artikan sebagai kenaikan harga komoditas atau barang dan jasa secara umum yang terjadi secara terus menerus dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan deflasi sendiri merupakan kebalikan dari inflasi yang menjadikan penurunan harga komoditas secara terus menerus. Perhitungan kenaikan tersebut tentunya akan di lakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Tetapi untuk kenaikan harga satu atau dua barang tidak mempengaruhi terjadinya inflasi Indonesia. Hal ini akan terjadi bila kenaikan terus menerus dan meluas terjadi dalam setiap bulannya.

Dampak Inflasi Dalam Sebuah Negara

Waspada!! Bila sebuah negara terjadi kenaikan harga komoditas yang meluas dan terus menerus. Sudah di pastikan jika kemungkinan besar bisa membawa negara tersebut di ambang terpuruknya, atau bisa juga inflasi dan bangkrut. Hal tersebutlah yang sudah terjadi pada beberapa waktu yang lalu di negara Sri Lanka.

Tentu saja, jika hal tersebut memang sudah terjadi menjadi momen yang sangat terpuruk bahkan menyeramkan bagi Negara itu sendiri. Hm, lalu sebenarnya apa sih yang menjadi dampak buruk dari inflasi jika memang hal ini terjadi di Indonesia? Berikut ini penjelasannya!

Standar Hidup Masyarakat Akan Menurun

Bila di sini harga komoditas di sebuah negara terus terjadi, maka standar kehidupan masyarakat tentu saja akan menurun. Hal ini di karenakan adanya harga sandang pangan yang mulai tidak merata. Secara otomatis maka masyarakat menengah kebawah kesusahan mencukupi hidupnya dalam sehari hari.

Menurunkan Sistem Pertumbuhan Ekonomi

Penyebab inflasi Merupakan kenaikan harga yang sangat meluas. Tentu saja hal ini memiliki dampak buruk yang terjadi seperti halnya turunnya angka pertumbuhan ekonomi. Bila hal ini sudah terjadi, maka dengan jelas masyarakat akan pelan-pelan menurunkan tingkat konsumsi pada suatu barang, bahkan akan sampai berhenti melakukan investasi.

Cara Mengatasi Inflasi pada Sebuah Negara

Harga komoditas yang sudah mulai stabil sebenarnya menjadi salah satu cara dalam mengatasi inflasi. Karena hal tersebut dapat menjamin bagi kesejahteraan para masyarakat. Pentingnya kestabilan harga di sini tentu saja menjadi salah satu syarat bagi sebuah negara untuk melakukan pertumbuhan ekonomi yang merata.

Dengan begitu maka negara tidak akan mengalami penurunan apapun. Baik dari segi ekonomi dan bahkan juga dari sistem pertumbuhan ekonominya. Jangan pernah menganggap remeh hal ini karena dampaknya tentu saja sangat luar biasa bagi negara khususnya bagi masyarakat Indonesia.

Nah Itulah pengertian, dampak, dan cara mengatasi jika inflasi dalam sebuah negara, baik di luar negeri atau bahkan di Indonesia sendiri. Sekarang ini, mungkin Indonesia masih dalam kategori yang sangat aman dari hal tersebut. Tetapi untuk negara tetap harus berhati-hati dan waspada supaya keterpurukan tersebut tidak terjadi di negeri kita.